5 Cara Berkendara Aman dalam Kondisi Hujan

5 Cara Berkendara Aman dalam Kondisi Hujan

5 Cara Berkendara Aman dalam Kondisi Hujan - Akhir-akhir ini, beberapa daerah di Indonesia sedang mengalami musim dengan curah hujan tinggi, di antaranya yaitu wilayah Sumatera seperti Aceh, Medan, dan Provinsi Riau. Dengan curah hujan yang cukup tinggi dan frekuensi yang sering, maka jalanan di beberapa tempat menjadi basah. Akibatnya, berkendara menjadi lebih licin dari biasanya.

Dalam kondisi tersebut, kehati-hatian dalam berkendara oleh para pengendara, baik kendaraan roda dua maupun roda empat sangat dibutuhkan. Hal itu guna menghindari risiko kecelakaan akibat jalanan yang licin karena diterpa hujan.

Selain berhati-hati, Anda juga harus memeriksa kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Hal itu guna meminimalisir risiko kecelakaan akibat kondisi kendaraan yang tidak maksimal. Terlebih dalam kondisi hujan, tingkat keamanan dalam berkendara harus lebih diperhatikan.

Berikut cara berkendara aman yang perlu Anda lakukan jika kondisi cuaca sedang hujan.

Lakukan Standard Check-Up

5 Cara Berkendara Aman dalam Kondisi Hujan

Sebelum berkendara, lakukanlah standar check-up pada kendaraan atau mobil Anda. Ada beberapa bagian atau komponen utama mobil yang perlu Anda lakukan pemeriksaan, yaitu mesin, oli, tekanan ban, baterai, lampu, dan wiper.

Selain melakukan pengecekan terhadap komponen utama tersebut, pastikan juga bahwa bahan bakar dalam mobil Anda telah terisi penuh. Bahan bakar ini penting Anda perhatikan sebelum bepergian.

Periksa juga fitur indikator tekanan ban agar dapat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Fitur tersebut biasanya terdapat pada mobil Trax, Colorado, Chevrolet, dan Trailblazer.

Periksa Baterai dan Kaki-Kaki Mobil

5 Cara Berkendara Aman dalam Kondisi Hujan

Sebelum berkendara, pastikan bahwa baterai atau aki dalam kondisi baik. Terlebih saat kondisi sedang hujan dan jalanan macet, segala komponen harus tetap berjalan dan digerakkan oleh baterai dan sistem charging. Komponen tersebut meliputi wiper, radio, AC, lampu, dan lain-lain. Oleh karenanya, baterai mobil harus maksimal terutama saat kondisi hujan.

Selain baterai atau aki, cek juga kaki-kaki mobil, salah satunya yaitu ban mobil. Jika kondisi ban kurang baik, bisa menyebabkan hydroplaning atau aquaplaning. Selain itu, selalu sediakan ban cadangan jika sewaktu-waktu ban yang digunakan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jaga Jarak Pandang

5 Cara Berkendara Aman dalam Kondisi Hujan

Selain melakukan standar check-up dan memeriksa baterai dan kaki-kaki mobil, cara berkendara aman saat musim hujan adalah dengan menjaga jarak pandang terhadap kendaraan lain. Sebab, ketika kondisi sedang hujan, visibilitas pengemudi menjadi berkurang atau terbatas.

Gunakanlah lampu depan dan belakang mobil Anda sebagai penanda jarak antara mobil Anda dengan kendaraan atau mobil lainnya. Untuk mendapatkan cahaya yang lebih baik, gunakan lampu HID. Hal ini akan membuat tingkat kenyamanan Anda saat berkendara dalam kondisi hujan lebih baik.

Gunakan Kendaraan dengan Teknologi yang Mendukung

5 Cara Berkendara Aman dalam Kondisi Hujan

Aga berkendara dalam kondisi hujan lebih aman, gunakanlah kendaraan atau mobil yang dilengkapi dengan teknologi yang baik atau mendukung teknologi saat ini. Contohnya seperti Forward Collision Alert, Anti-Rolling Protection, Lane Departure Warning, Electronic Stability Control, dan Panic Brake Assist.

Ada beberapa merek mobil yang dilengkapi dengan rangkaian fitur pendukung sehingga berkendara akan lebih aman dan nyaman ketika jalanan sedang macet, kondisi jalan menurun, atau pun jalan menanjak.

Melatih Kesabaran

5 Cara Berkendara Aman dalam Kondisi Hujan

Cara berkendara aman yang terakhir adalah dengan melatih kesabaran. Saat hujan, kondisi jalanan atau lalu lintas seringkali mengalami kemacetan. Dan terkadang, kemacetan tersebut tak dapat dihindari karena mengharuskan Anda melewati jalan tersebut. Untuk itu, Anda perlu melatih kesabaran saat terjebak dalam kondisi tersebut.

Jangan mencoba untuk berspekulasi bahwa Anda dapat menyusul atau melewati kendaraan lain. Kondisi hujan dapat mengurangi jarak pandang Anda terhadap kendaraan lain, polisi tidur, dan hal-hal lainnya. Jadi, jika Anda tidak sabar dalam menghadapi kemacetan saat hujan, risiko kecelakaan akan semakin tinggi.

Oleh karenanya, selain memastikan bahwa komponen utama mobil dalam kondisi prima dan berfungsi dengan baik, pengemudi juga harus memiliki kesabaran saat berkendara. Terutama dalam kondisi hujan. Hal itu sangat diperlukan untuk menjaga keamanan berkendara bagi pengemudi dan pengendara lainnya.

Itulah 5 cara berkendara aman yang harus Anda lakukan ketika akan berkendara di tengah musim hujan. Pastikan keselamatan Anda dan penumpang lain adalah lebih utama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Berkendara Aman dalam Kondisi Hujan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel