Begini Cara Memakai Toner yang Benar

Daftar Isi [Tutup]

    Begini Cara Memakai Toner yang Benar - Merawat kesehatan kulit wajah ternyata tidak hanya cukup membersihkannya dengan sabun dan air. Sebaiknya Anda menambahkan penggunaan toner agar kulit wajah lebih bersih.

    Toner sendiri merupakan salah satu skincare yang mengandung bahan aktif, yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari menghilangkan sisa kotoran, minyak atau sisa make up, toner juga bisa melembabkan kulit wajah.

    Pada dasarnya toner dibagi menjadi dua yaitu toner pelembab atau hydrating toner, juga toner eksfoliasi atau exfoliating toner. Keduanya sama baiknya asal digunakan sesuai dengan kebutuhan wajah Anda. Kemudian bagaimana sebetulnya cara menggunakan toner yang benar, ini dia tipsnya.

    Cara Memakai Toner

    Cara Memakai Toner
    • Mulailah dengan membersihkan wajah, baik dengan susu pembersih ataupun sabun wajah.
    • Keringkan kulit wajah yang telah dibersihkan.
    • Lanjutkan dengan menggunakan toner. Cara memakai toner adalah dengan menuangkannya pada kapas.
    • Kemudian usap kapas tadi ke permukaan wajah, namun hindari area mata.
    • Langkah berikutnya, tunggu hingga toner benar-benar kering, baru Anda bisa menggunakan pelembab dan tabir surya untuk perlindungan berikutnya.
    Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan Anda tidak memilih toner yang mengandung alkohol. Karena hanya akan membuat kulit menjadi kering, bahkan bagi sebagian lainnya yang memiliki kulit sensitif, bisa menimbulkan masalah baru.

    Kandungan toner sendiri memang didominasi dengan air, sehingga Anda aman bila digunakan setiap hari. Kemudian bagaimana jika Anda mendapati toner dalam kemasan botol spray. Sebenarnya mengunakan cara memakai toner spray terhitung mudah.

    Bahkan jika toner yang Anda gunakan saat ini dalam botol biasa pun, bisa dipindahkan ke dalam botol spray yang kosong dan bersih, untuk memudahkan pemakaian toner. Bahkan cara ini juga bisa menghemat toner Anda.

    Berikutnya yang perlu dilakukan dengan toner spray ini adalah:

    Berikutnya yang perlu dilakukan dengan toner spray
    • Membersihkan wajah dengan sabun atau susu pembersih, kemudian keringkan dengan handuk bersih hingga kering.
    • Semprotkan toner spray ke wajah.
    • Tepuk-tepuk wajah yang telah disemprot toner secara perlahan. Tujuannya agar toner menyerap dengan baik ke dalam pori-pori kulit wajah Anda.

    Kesalahan Menggunakan Toner

    Kesalahan Menggunakan Toner

    Meskipun terbilang sederhana, namun nyatanya menggunakan toner sebaiknya Anda perhatikan betul. Karena tidak sedikit yang salah menggunakan skincare yang satu ini, sehingga hasilnya tidak maksimal.
    1. Kesalahan menggunakan toner yang pertama adalah tidak mencuci dan membersihkan wajah terlebih dahulu. Jangan gunakan toner sebelum tahapan ini dilakukan atau pekerjaan Anda hanya sia-sia saja.
    2. Kesalahan yang kedua adalah dengan memilih toner yang berbahan dasar alkohol atau witch hazel. Toner yang memiliki dua kandungan tersebut, bisa merusak lapisan pelindung kulit, dari protein maupun lemak esensial. Untuk itu, pilihlah toner yang mengandung AHA, BHA atau hyaluronic acid.
    3. Penggunaan toner yang salah juga karena diaplikasikan dengan cara digosok. Cara ini, sama sekali tidak akan membuat kulit menjadi lebih baik, tapi justru membuat kulit iritasi. Gunakan kapas atau spray, kemudian tepuk dengan lembut adalah cara yang terbaik.
    4. Salah memilih jenis toner juga bisa menjadi masalah lain. Karenanya, saat membeli toner, pastikan sesuai dengan kebutuhan kulit wajah. Untuk jenis kulit wajah normal, sebaiknya pilih toner yang mengandung lactid acid. Sementara jika kulit kering, pilihlah toner yang mengandung hyaluronic acid dan glycerin.
    5. Melupakan pelembab adalah kesalahan lainnya yang tidak boleh Anda abaikan setelah penggunaan toner. Aplikasikan pelembab wajah setelah toner, bisa membantu menjaga kelembaban kulit wajah dan lebih terhidrasi.

    Saat yang Tepat Menggunakan Toner

    Saat yang Tepat Menggunakan Toner

    Kemudian sebenarnya kapan waktu pemakaian toner yang tepat? Toner sendiri sebetulnya adalah bentuk perawatan. Skincare ini bisa digunakan setiap hari, namun juga tidak akan menimbulkan masalah jika Anda melupakannya hari ini. Terlebih bila kulit wajah Anda baik-baik saja.

    Namun, jika ingin memasukkan toner pada rutinitas sehari-hari, maka penggunaannya, sebaiknya tidak lebih dari dua kali sehari.

    Anda bisa menggunakan toner di pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Yang kedua, toner sebaiknya digunakan pada malam hari selepas Anda beraktivitas dan akan pergi tidur. Namun, sama halnya, untuk kedua waktu tersebut, pastikan kulit wajah sudah benar-benar bersih sebelum mengaplikasikan tonernya.

    Alih-alih Anda bangun tidur dan kulit wajah tidak kotor, padahal Anda tidak pernah tahu bahwa bisa saja kotoran yang berasal dari bantal menempel di kulit wajah. Begitu juga dengan minyak yang akan diproduksi selama Anda tidur. Jadi tetap pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dahulu, meskipun Anda baru saja bangun tidur.

    Lantas apakah setelah memakai toner harus dibilas? Bagi sebagian orang mungkin bingung bagaimana penggunaan toner ini sebenarnya. Apakah sama seperti sabun pencuci wajah yang harus dibilas atau tidak?

    Saat menggunakan sabun pencuci wajah, ya, Anda memang harus membilasnya dengan air hingga bersih. Begitu juga dengan susu pembersih, maka Anda harus yakin betul susu pembersih wajah benar-benar tidak tersisa di kulit wajah.

    Sementara toner sendiri, tidak perlu dibilas setelah menggunakannya. Anda hanya perlu membiarkannya benar-benar kering dan meresap ke dalam kulit wajah. Jika dibilas dengan air, itu artinya toner terangkat dari kulit wajah dan Anda tidak akan bisa merasakan manfaat apapun juga.

    Demikianlah penjelasan bagaimana cara memakai toner seharusnya. Sekali lagi, pastikan Anda hanya menggunakan toner yang sesuai dengan kulit wajah dan kebutuhannya, agar toner bisa bekerja dengan baik. Menggunakan kapas atau spray juga cara yang cukup efektif untuk mengaplikasikannya. Selamat mencoba!

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Memakai Toner yang Benar"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel