Mengenal Jauh Internet of Things dan Perkembangannya di Indonesia!

Daftar Isi [Tutup]

    Mengenal Jauh Internet of Things dan Perkembangannya di Indonesia! Siapa yang tidak mengenal IoT yang sedang hangat diperbincangkan di zaman 4.0 menuju 5.0 saat ini. Tentunya teknologi berbasis internet ini menjadi salah satu yang keberadaannya sangat dinanti dan bahkan ditunggu perkembangannya oleh manusia di muka bumi.

    Diketahui bersama bahwa teknologi berarti bermakna berupa terobosan yang dibuat oleh manusia dari berbagai generasi. Tentu saja hal ini akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan dalam bidang teknologi. Sehingga IoT hadir sebagai inovasi dari bidang teknologi itu sendiri.

    Internet Of Things atau akrab di telinga dengan sebutan IoT adalah salah satu program di mana suatu objek mempunyai kemampuan dalam mentransmisikan data memakai jaringan tanpa perlu bantuan dari perangkat komputer atau PC atau manusia sekalipun. Untuk itu, di zaman semuanya serba digital tidak menutup kemungkinan untuk IoT berkembang dengan pesat dan mengikuti perkembangan masa ke masa.

    Untuk lebih lanjutnya bahwa IoT meliputi beberapa tingkat di antaranya mulai dari internet, Quick Responses Code konvergensi teknologi nirkabel hingga MEMS atau merupakan akronim dari microelectromechanical. Apakah hanya itu saja? Faktanya IoT juga dapat ditemukan dalam RFID yang memiliki kepanjangan yakni Radio Frequency Identification yang dipergunakan sebagai sarana komunikasi.

    Internet Of Things memiliki unsur-unsur yang harus diketahui sebagai organ yang ada dalam IoT itu sendiri. Di antaranya bisa ditemukan dalam pembahasan berikut ini dan jangan sampai terlewatkan!

    Konektivitas

    Mengenal Jauh Internet of Things dan Perkembangannya di Indonesia

    IoT harusnya memiliki konektivitas yang terdiri dari beberapa perangkat kecil yang berfungsi sebagai sistem yang akan menghubungkan koneksi antar jaringan dengan suasana kerja yang lebih efisien dan efektif. Sehingga akan menekan biaya jaringan yang dikeluarkan dan bisa saja nantinya manusia merangkainya menjadi suatu sistem perangkat jaringan sederhana dan ramah di kantong juga lingkungan.

    Kecerdasan Buatan

    Kecerdasan Buatan Mengenal Jauh Internet of Things dan Perkembangannya di Indonesia

    Kecerdasaan buatan dalam bahasa Inggris yakni Artificial Intelligence atau disingkat menjadi AI. Sehingga dapat diketahui bahwa kecerdasan buatan yaitu salah satu dari penemuan yang dapat memberikan kemampuan untuk setiap teknologi atau mesin dalam berpikir atau menjadikannya smart atau pintar. Sehingga Internet Of Things akan berfungsi penting dalam pengumpulan data, pengembangan algoritma hingga pemasangan jaringan nantinya pada AI.

    Sebagai contoh nyatanya dapat ditemukannya kecerdasan buatan pada beraneka robot pelayan yang ada di Jepang. Robot pelayan itu sendiri merupakan sebuah mesin yang diberikan kecerdasan buatan sehingga dapat melaksanakan secara mandiri melakukan aktivitas sendiri tanpa arahan atau instruksi dari tuannya.

    Perangkat Berukuran Kecil, Sensor dan Keterlibatan Aktif

    Mengenal Jauh Internet of Things dan Perkembangannya di Indonesia

    Untuk teknologi dan perkembangannya tentunya perangkat yang dihasilkan akan semakin lama semakin berukuran kecil dengan meminimalisir biaya pembuatannya , tetapi memiliki skalabilitas dan efektifitas yang tinggi. Selain itu pembeda dalam Internet Of Things adalah adanya sensor yang bisa mengubah jaringan standar pasif menjadi sistem yang terintegrasi aktif di dunia nyata. Sehingga akan menghasilkan produk atau konten atau layanan dari IoT akibat dari keterlibatannya secara aktif.

    Perkembangan IoT di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat diantaranya dapat dilihat dari beberapa fokusnya yaitu: berkembang dalam bidang tracking (dalam melacak lokasi), selanjutnya yaitu dalam bidang kontrol dengan tujuan bisa memberikan hasil yang baik dari setiap kegiatan atau data yang sifatnya konsisten.

    Internet of Things berkembang juga dalam bidang tagging atau identifikasi dengan tujuan mengumpulkan data kegiatan atau saat transaksi berlangsung. Selanjutnya monitoring yang merupakan kegiatan memantau kira-kira ada tidak aktifitas aneh yang dikirimkan oleh tagging. Dan yang terakhir adalah analisis yang memiliki tujuan dalam memberikan informasi yang mudah dipahami dari aktivitas atau data yang sudah didapat.

    Tentunya kelima fungsi di atas sedang gencarnya dikembangkan mengingat Indonesia sedang ingin memasuki zona industry 4.0 yang sebenarnya sudah ketinggalan dengan negara-negara berbasis IT canggih yang sudah masuk ke gerakan industry 5.0. Namun, tidak perlu berkecil hati karena orang-orang yang ada di Indonesia tentunya memiliki inovasi baru terhadap IoT ini dan menjadikannya sebagai developer handal yang bisa membawa harum nama Indonesia di kanca Internasional.

    Untuk itu beberapa perkembangan Internet Of Things di Indonesia di antaranya dapat ditemukan di bawah ini, yaitu:

    Qlue

    Siapa yang tidak tahu Qlue yang dikenal dengan perusahan startup dalam menangani proyek smart city yang tentunya menggunakan IoT di dalamnya. Bisa dilihat pengembangan IoT yang digunakan Qlue berupa dalam pengembangan kotak sampah pintar, air pollution detector hingga pengembangan traffic lamp yang terhubung dengan command center.

    SoftwareSeni Indonesia

    Salah satu perusahaan terkenal di Indonesia dalam menciptakan produk di bidang digital yakni SoftwareSeni Indonesia. Pengembangan Internet Of Things yang dilakukan SoftwareSeni Indonesia di antaranya dapat ditemukan dalam dua perangkat IoT yang sudah dipersiapkan yaitu Waton Ayam atau Water Gallon Alert System yang berfungsi sebagai identifier air galon dan yang terakhir ialah Package Notifier yang mempunyai fungsi sebagai identifikasi atau tagging dalam mempermudah paket yang datang, untuk siapa dan dari mana berasal paket tersebut.

    Nodeflux

    Perusahaan berbasis IoT ini berfokus pada pengembangan dalam data besar atau big data dan machine learning dalam ranah industry. Tentu saja hal ini akan bermanfaat bagi perkembangan teknologi di Indonesia dalam bidang IoT.

    Sebenarnya masih banyak lagi perkembangan Internet Of Things yang ada di Indonesia. Namun, hal-hal yang sudah dijelaskan di atas adalah beberapa contoh nyata yang menjadi inovasi dalam dunia teknologi dan informasi. Sehingga tentu saja, dampak positif akan diterima masyarakat bila IoT benar-benar diimplementasikan dengan baik.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Mengenal Jauh Internet of Things dan Perkembangannya di Indonesia!"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel