Manfaat Wedang Uwuh bagi Kesehatan Tubuh - Tagar Berita - Blog Kecantikan dan Perawatan

Manfaat Wedang Uwuh bagi Kesehatan Tubuh

Minuman wedang uwuh sendiri sangat populer. Manfaat wedang uwuh bagi kesehatan bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan sebagai minuman tradisional.
Manfaat Wedang Uwuh bagi Kesehatan Tubuh - Wedang uwuh merupakan minuman khas Yogyakarta yang mengandung campuran beberapa rempah yaitu kayu manis, jahe, akar serai, kayu manis, biji pala, kapulaga, daun pala, gula batu, kayu secang.

Diketahui bahwa wedang uwuh terdiri dari dua kata yaitu wedang dalam bahasa jawa yang berarti minuman dan uwuh berarti sampah. Jadi wedang uwuh bisa diartikan sebagai minuman sampah, tapi itu hanya istilah. Minuman ini dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh karena terdiri dari berbagai rempah-rempah.

Minuman wedang uwuh sendiri sangat populer di kalangan masyarakat terutama yang berada di wilayah seperti Yogyakarta dan Jawa. Sebelumnya kita harus mengetahui manfaat dari setiap kandungan rempah yang terdapat di dalam minuman wedang uwuh seperti:
  • Jahe adalah bahan utama dalam pembuatan wedang uwuh. Jahe mengandung banyak vitamin C dan magnesium, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Kayu secang dalam wedang uwuh mengandung banyak antioksidan sehingga dapat melawan radikal bebas yang tidak baik bagi tubuh.
  • Cengkeh adalah bahan selanjutnya yang mengandung banyak ekstrak hidrokarbon yang dapat menjaga kepadatan tulang.
  • Kayu manis banyak mengandung vitamin dan mineral yang berperan sebagai antioksidan, antibakteri dan anti inflamasi.
  • Pala ialah bahan alami yang banyak mengandung flavonoid, polifenol dan saponin yang dapat mengobati berbagai penyakit.
  • Sereh adalah rempah-rempah yang mengandung banyak zat besi, magnesium dan lainnya yang bermanfaat untuk mengobati masuk angin, menambah nafsu makan, dll.
  • Kapulaga merupakan salah satu bahan wedang uwuh yang terdiri dari zat-zat penting yang dapat menjaga kesehatan tulang dan menyembuhkan batuk.
  • Gula batu merupakan bahan wedang uwuh yang menambah cita rasa pada wedang uwuh dan berkhasiat untuk mengobati batuk.

Manfaat wedang uwuh bagi kesehatan Tubuh

Manfaat wedang uwuh bagi kesehatan Tubuh

Setelah mengetahui kandungan wedang uwuh dan manfaatnya, berikut ini manfaat wedang uwuh bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan sebagai minuman tradisional.

1. Mencegah munculnya Penyakit Jantung atau Serangan Jantung

Wedang uwuh dapat mencegah penyakit jantung Karena adanya konsentrasi senyawa dalam kayu manis berperan penting dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah studi tahun 2001, tikus yang menerima kayu manis dan latihan aerobik jangka panjang memiliki fungsi jantung yang lebih baik daripada yang tidak. Tentunya wedang uwuh ini akan memberikan manfaat jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

2. Untuk Membantu Lancarnya Peredaran Darah

Bahan utama wedang uwuh adalah jahe. Jahe merupakan rempah yang dikenal sangat bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah.

3. Untuk Menangkal Radikal Bebas

Manfaat wedang uwuh bagi kesehatan adalah dapat melawan radikal bebas. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

Antioksidan yang terkandung dalam serai juga berperan penting dalam pencegahan berbagai penyakit, seperti gangguan sel koroner. Dengan rutin mengonsumsi wedang uwuh, Anda bisa mengurangi risiko berbagai penyakit kronis pada tubuh.

4. Untuk Menghilangkan bau mulut

Cengkeh dalam wedang uwuh dan kayu manis membantu menghilangkan bau mulut karena sifat antimikrobanya.

5. Sebagai Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Secang dalam wedang uwuh memberikan lebih banyak antioksidan dan perlindungan yang lebih baik terhadap radikal bebas.

6. Berkurangnya Resiko Kanker

Wedang uwuh juga memiliki manfaat mengurangi resiko kanker. Sereh dalam wedang uwuh juga dipercaya memiliki kemampuan anti kanker yang efektif melawan beberapa lini sel kanker. Inilah manfaat beberapa komponen serai yang membantu melawan kanker.

Komponen tersebut secara langsung menyebabkan kematian sel kanker atau memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga pasien dapat melawan kanker dengan lebih baik sendirian.

7. Mengurangi Masuk Angin

Minuman wedang uwuh merupakan minuman panas yang dapat menjaga suhu tubuh seseorang karena memiliki efek menghangatkan. Ini bisa bermanfaat untuk menghilangkan masuk angin.

8. Memperkuat Imun Tubuh

Manfaat wedang uwuh lainnya untuk kesehatan adalah untuk memperkuat imun tubuh. Hal ini dikarenakan kapulaga dalam wedang uwuh dapat melawan bakteri dan patogen lainnya sehingga dapat membuat tubuh lebih sehat dan kuat. Selain itu, wedang uwuh dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Kandungan antioksidan buah pala dapat mencegah dan mengobati penyakit hati dan batu ginjal.

9. Untuk Pengobatan Asam Urat

Manfaat wedang uwuh dapat mengatasi asam urat. Menurut beberapa penelitian, jahe merah dalam wedang uwuh dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Selain itu, jahe merah dapat mengurangi rasa sakit akibat penghambatan jalur siklooksigenase. Seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, jahe merah juga masuk dalam daftar 10 tanaman herbal ampuh untuk pengobatan asam urat. Jahe merah dapat membantu mengurangi peradangan pada persendian dan menghilangkan penumpukan asam urat dengan meningkatkan sirkulasi.
Tagar Berita adalah kumpulan artikel menarik yang membahas topik blog kecantikan, perawatan serta blog paling dicari netizen

Posting Komentar