Di Tegal Karyawati Bank Berhasil Gelapkan Dana Nasabah Rp 6 M

Di Tegal Karyawati Bank Berhasil Gelapkan Dana Nasabah Rp 6 M

Salah seorang karyawati pada sebuah bank yang ada di Kota Tegal, Jawa Tengah, Febrinita Budi Winarti yang diketahui berusia 39 tahun telah ditangkap polisi karena kasus penggelapan dana nasabah.

Para pelapor mengaku bahwa dana mereka telah digelapkan dan rugi total Rp 6 miliar. KBO Reskrim Polresta Tegal Iptu Bambang SD saat berada di Kantornya mengatakan jika kerugian yang dialami nasabah bervariasi, namun jika di total mencapai Rp 6 Miliar.

Bambang menyatakan jika tersangka bekerja pada salah satu bank perkreditan di Kota Tegal sebagai tenaga marketing. Tersangka membujuk korban dengan menawarkan bunga yang tinggi hampir 10 persen dari nilai simpanan, juga bonus dan hadiah yang besar.

Ketertarikan nasabah mendapat untuk menaruh uangnya pada bank melalui marketing tersebut karena pelaku berhasil memberi iming-iming bunga dan bonus hadiah dalam jumlah yang besar.

Salah satu korban yang berhasil ia bujuk bernama Virgin Christina Stefani Sanjaya alias Liem Khe Oh, yang mengaku mengalami kerugian mencapai Rp. 1,6 miliar. Faktanya tidak semua uang dari nasabah Virgin tersebut disetor pada bank.

Pelaku hanya menyetorkan dana sebesar Rp 300 juta, dan sisanya Rp 1,3 miliar disalahgunakan pelaku. Upaya pelaku untuk membuat sang korban percaya, ia membuat beberapa lembar bilyet deposito palsu dan diserahkan kepada korban.

Aksi tersangka terungkap saat deposito yang dilakukan nasabah telah memasuki masa jatuh tempo. Saat korban hendak mengambil uangnya yang ada di bank tersebut. jumlah uang virgin yang ditarik tidak sesuai dengan uang yang telah ia setorkan kepada tersangka.

Kejadian ini terungkap mula-mula pada 8 Mei 2020 sekitar pukul 12.30 WIB korban datang di PT. BPR Central Artha untuk mencairkan dana depositonya.

Namun, saat hendak dicairkan bilyet deposito yang diakui pihak bank hanya sebesar Rp 300 juta, sedangkan bilyet deposito Rp 1,3 miliar yang ia bawa merupakan bilyet deposito palsu dari tersangka.

Setelah mendapatkan laporan dari korban, polisi kemudian melakukan aksi penangkapan terhadap tersangka. Beberapa kali polisi gagal karena tersangka sempat hilang dari rumah.

Sampai akhirnya polisi berhasil menangkap tersangka di rumahnya. Saat ini polisi telah mendapatkan catatan jika tersangka telah melakukan aksi ini kepada empat nasabah.

Selain Virgin, ada tiga pelapor yang lain juga menjadi korban dari aksi tersangka, yakni Yuniar Purnama Dewi dengan kerugian Rp 1,4 miliar, Ani Setyowati Tjoa dengan kerugian Rp 1 miliar, Mubyarama Putra Indano dengan kerugian Rp 370 juta.

Perbuatan tersangka diganjar dengan hukuman pasal berlapis yaitu 378, 372, serta 263 KUHP. Tersangka mendapat ancaman maksimal 14 tahun penjara.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Di Tegal Karyawati Bank Berhasil Gelapkan Dana Nasabah Rp 6 M"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel