Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Akan Segera Dibuka Untuk Umat Islam Dunia

Daftar Isi [Tutup]

    Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Akan Segera Dibuka Untuk Umat Islam Dunia

    Arab Saudi berencana untuk membuka kembali Masjid Nabawi dan Masjidil haram yang merupakan dua tempat ibadah paling suci bagi umat islam di seluruh penjuru dunia.

    Dalam waktu dekat ini Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais selaku Kepala Presidensi Umum urusan dua masjid suci tersebut mengatakan jika kedua tempat ibadah ini akan segera dibuka.

    Sheikh Al-Sudais membuat kiriman dalam media sosialnya dan berkata jika hari-hari akan datang ketika kesedihan sirna bagi umat Islam karena akan dibuka kembali dua masjid yang suci untuk tawaf, sa’i, sholat di Rawdah Sharif, dan berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW.

    Beliau mengimbau kepada umat Islam agar tidak terlalu terburu-buru meminta kedua masjid suci ini dibuka kembali saat Arab Saudi sedang berupaya untuk mencegah penyebaran virus Corona.

    Pernyataan ini juga sama dengan apa yang telah disampaikan oleh Kementerian Haji dan Umrah yang mengatakan jika pemerintah berkomintmen untuk mematuhi prosedur sebelum menerima kembali kunjungan umat Islam ke Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

    Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Akan Segera Dibuka Untuk Umat Islam Dunia

    Mengutip dari Saudi Gazette, menjelang kembali dibukanya dua masjid suci yang ada di arab saudi, pihak masjid saat ini tengah memasang kamera termal yang mampu mendeteksi suhu tubuh dari jamaah.

    Sheikh Al-Sudais mengatakan kamera termal yang ditempatkan di pintu masuk halaman Masjidil Haram ini bisa secara akurat menscan suhu tubuh hingga 25 orang secara bersamaan, jika seseorang terdeteksi memiliki suhu tubuh yang tinggi akan ditampilkan dalam layar.

    Sedangkan di Masjid Nabawi awal Juni nanti akan dipasang juga kamera termal seperti ini. Awal mula dilarangnya kunjungan ke Masjid Nabawi dan Masjidil Haram sudah sejak akhir Februari dengan diberhentikannya layanan umrah sepanjang tahun 2020.

    Selanjutkan kedua Masjid suci tersebut ditutup sementara pada 6 Maret 2020 dalam rangka upaya pencegahan virus Corona atau Covid-19. Dan semenjak memasuki bulan Ramadhan kerajaan Arab Saudi memperbolehkan sholat tarawih di dua masjid suci tersebut.

    Sementara itu, Saat ini warga saudi sudah mulai terlihat kembali mengunjungi pusat perbelanjaan dan juga pasar terbuka setelah pelonggaran lockdown pada Rabu.

    Menurut pantauan Reuters, saat ini petugas keamanan tetap melaksanakan pengukuran suhu pengunjung sebelum masuk mall di Riyadh. Juga aroma sanitizer yang merebak di beberapa toko kosmetik, perabotan rumah tangga, hingga pakaian.

    Kerajaan Saudi Hari Minggu lalu telah memberikan kelonggaran pembatasan sosial jam malam antara pukul 9 pagi hingga 5 sore kecuali di Mekah. Sekolah, restoran, masjid dan juga tempat-tempat umum Arab Saudi yang lain di mana jarak sosial sulit pertahankan, tetap tertutup dan melarang pertemuan sosial yang lebih dari lima orang.

    Data statistik yang dirilis Worldometers Arab Saudi telah mencatat 21.402 kasus virus corona dengan angka kematian mencapai 157 korban jiwa dan pasien sembuh sebanyak 2.953.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Akan Segera Dibuka Untuk Umat Islam Dunia"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel