THR Pejabat Ditiadakan, Pemerintah Hemat Rp 5,5 Triliun

Daftar Isi [Tutup]

    Presiden, DPR Tak dapat THR dan Pangkas THR PNS, Pemerintah Hemat Rp 5,5 Triliun

    Pemerintah Indonesia kabarnya telah melakukan penghematan anggaran sebesar 5,5 triliun karena kebijakan pemangkasan tunjangan hari raya (THR) bagi pejabat negara. Pemangkasan tunjangan hari raya ini juga berlaku untuk presiden, anggota DPR sampai dengan PNS golongan I dan II hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam video conference pada Jumat, 17 April 2020.

    Kebijakan ini diambil sebagai upaya untuk menstabilkan keuangan negara, dikarenakan saat ini penerimaan negara sedang mengalami tekanan di tengah pandemi virus Corona.

    Pemerintah Indonesia selain memutuskan untuk tidak membayar THR kepada pejabat negara, pemerintah juga melakukan pemangkasan nominal THR yang diterima oleh aparatur sipil negara (ASN) menjadi sebesar gaji pokok dan tunjangan yang melekat dan tidak termasuk tunjangan kinerja (tukin).

    Disisi lain, nominal THR yang diberikan kepada PNS yang telah pensiun tidak akan dikurangi, yang artinya besarnya akan sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

    Sebagai informasi sejak dua tahun terakhir semua ASN mendapatkan tambahan nominal THR yang berasal dari komponen tunjangan kinerja, ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani.

    Pemangkasan ini akan mengalihkan anggaran THR para pejabat pemerintahan dan juga DPR menjadi Anggaran yang dimanfaatkan untuk Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 untuk memberikan tambahan belanja di sektor kesehatan, sosial, hingga untuk penopang ekonomi negara.

    Namun dari pihak pemerintah dari kementerian Keuangan baik Sri Mulyani dan Askolani tidak memberikan paparan secara rinci yang menjelaskan tentang berapa besaran anggaran THR untuk PNS dan pensiunan tahun ini. Sebagaimana diketahui anggaran THR tahun kemarin tahun kemarin masing-masing sebesar Rp 20 triliun.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "THR Pejabat Ditiadakan, Pemerintah Hemat Rp 5,5 Triliun"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel