Program Kartu Prakerja Mundur dan Mulai Buka 11 April 2020

Daftar Isi [Tutup]

    Program Kartu Prakerja Mundur dan Mulai Buka 11 April 2020

    Program Kartu Pra Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang rencananya dirilis pada 9 April 2020 di undur pada Sabtu, 11 April 2020.

    Proses dan Cara Pembuatan Kartu Pra Kerja Jokowi ini sebelumnya sudah di informasikan oleh pemerintah terkait teknis pembuatannya, namun hanya pembukaan pendaftarannya akan ditunda sementara waktu.

    Pada situs resminya, pembukaan pendaftaran program yang diandalkan Presiden Joko Widodo ini dilaksanakan pada Sabtu 11 April 2020, sedikit ada perubahan dari jadwal pertama yang dilaksanakan pada 9 April 2020.

    Tanggal rilis pendaftaran Program Kartu Prakerja ini mengalami perubahan karena Tim Program Kartu Prakerja perlu memastikan jika situs dapat memberikan layanan yang handal dan juga aman serta demi memitigasi adanya kendala-kendala teknis pada saat pendaftaran dimulai.

    Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky, mengatakan jika tim Program Kartu Prakerja tidak ingin ada pendaftar yang merasa kecewa karena kendala teknis, dan ini dipastikan tim Program Kartu Prakerja aktif berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait di pemerintahan tentang adanya perubahan jadwal ini.

    Meski terdapat perubahan tanggal, jadwal soft launch Program Kartu Prakerja akan tetap selaras dengan pengumuman sebelumnya, yang mana sistem akan beroperasi secara keseluruhan pada minggu kedua bulan April 2020.

    Kepada calon pendaftar untuk melakukan proses pendaftaran di situs tersebut, calon pendaftar wajib menyiapkan informasi seperti data diri, NIK, nomor ponsel, dan juga alamat email.

    Pendaftaran Program Kartu Prakerja akan dibatasi dengan kuota 164,000 orang per minggu, dan ditargetkan bisa menjangkau 5,6 juta pendaftar pada tahun 2020.

    Peserta yang telah terdaftar akan mendapatkan fasilitas bantuan uang sebesar Rp 3,550,000 untuk biaya pelatihan intensif, dana tersebut diterima secara bertahap dari sebelum sampai dengan pelatihan kerja dilaksanakan.

    Jika uraikan dana manfaat Program Kartu Prakerja 2020 yang akan diterima sebesar Rp 3,550,000 ini terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta dan insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600,000 setiap bulan selama empat bulan.

    Selain itu, peserta juga akan mendapatkan insentif survei kebekerjaan yang jumlahnya sebesar Rp 50,000 per sekali survei dan untuk tiga kali survei atau diterima dengan total Rp 150,000 tiap peserta.

    Pelaksanaan Program Kartu Prakerja tahun 2020 ini merupakan bentuk implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Realokasi Anggaran, Refocusing Kegiatan, dan juga Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 atau disebut Covid-19.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Program Kartu Prakerja Mundur dan Mulai Buka 11 April 2020"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel