Maskapai Bolehkan Penumpang Internasional, Penumpang Domestik Dilarang

Daftar Isi [Tutup]

    Maskapai Bolehkan Penumpang Internasional, Penumpang Domestik Dilarang

    Operasional penerbangan internasional saat ini masih berjalan normal seperti biasanya, hal ini diinformasikan oleh PT Angkasa Pura II (Persero).

    Penerbangan internasional ditengah pandemi corona operasionalnya tidak diatur dalam peraturan Menteri Perhubungan No. 25 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

    Dirjen Penerbangan Udara Kemenhub Novie Riyanto menyatakan penerbangan internasional baik dari atau menuju Indonesia masih tetap berjalan dengan normal seperti biasanya namun tetap mengacu pada protokol kesehatan Covid-19.

    Namun, ia menambahkan jika penerbangan internasional, maskapai tetap boleh melayani penumpang, khususnya bagi warga negara asing yang akan kembali ke negaranya atau bagi warga negara Indonesia yang hendak kembali ke Tanah Air.

    Sampai saat ini PT Angkasa Pura II masih melayani penerbangan internasional dari bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) dengan rata-rata penerbangan pada bulan ini sekitar 40 penerbangan dalam satu hari di bulan ini.

    Selain itu penerbangan internasional juga masih berjalan dan tetap melayani di Kualanamu (Deli Serdang) meskipun rata-rata penerbangan hanya 1-2 kali perhari pada bulan ini.

    Yado Yarismano selaku VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II, mengatakan jika perseroan saat ini telah melakukan koordinasi dengan regulator penerbangan atau dalam hal ini Kementerian Perhubungan mengenai perizinan untuk melakukan penerbangan internasional, dan Kementerian Perhubungan telah mengizinkan.

    Hal ini sudah dinyatakan Permenhub Nomor 25 tahun 2020 yang hanya mengatur larangan untuk melakukan operasional penerbangan domestik, atas dasar Permenhub itu operasional penerbangan internasional masih berjalan.

    Permenhub Nomor 25/2020 telah ditetapkan secara resmi pada tanggal 23 April 2020 sebagai bentuk tindak lanjut Kemenhub terhadap kebijakan pemerintah untuk melarang masyarakat mudik pada tahun ini dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

    Jumat kemarin, penerbangan domestik telah dioperasikan untuk seluruh rute penerbangan, sedangkan larangan penerbangan domestik untuk membawa penumpang dari dan menuju wilayah PSBB dan atau zona merah diberlakukan seluruhnya mulai Sabtu 25 April 2020.

    Sumber: Liputan 6, CNN Indonesia

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Maskapai Bolehkan Penumpang Internasional, Penumpang Domestik Dilarang"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel