Donald Trump Sakit Hati Hentikan Dana untuk WHO Ditengah Pandemi Covid-19

Daftar Isi [Tutup]

    Donald Trump Sakit Hati Hentikan Dana untuk WHO Ditengah Pandemi Covid-19

    Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan AS menghentikan dananya untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena menganggap WHO pro terhadap China, alasan Donald Trump badan kesehatan PBB itu telah menutup-nutupi keseriusan wabah virus Corona di China sebelum menyebar ke seluruh dunia.

    Antonio Guterres, Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) angkat bicara terhadap persoalan Presiden Donald Trump yang menghentikan dana untuk WHO atau badan-badan kemanusiaan lainnya dalam memerangi virus corona.

    Selain Antonio Guterres, Heiko Maas, menteri luar negeri Jerman, mengkritik keputusan itu dengan pesan tegas kepada Trump, ia mengatakan dalam twitter saling menyalahkan tidak akan membantu, Virus itu tidak mengenal batas.

    Bahkan Bill Gates juga mengungkapkan kritik terhadap Donald Trump, yang menyatakan bahwa keputusan menghentikan anggaran ke WHO di tengah krisis sangatlah berbahaya.

    Donald Trump mengatakan dirinya telah memberikan perintah untuk menghentikan pendanaan kepada WHO sampai ia bersama timnya melakukan peninjauan lebih lanjut untuk menilai peran WHO dalam salah kelola parah dan menutupi penyebaran virus Corona, hal ini disampaikan Donald Trump dalam konferensi pers.

    Trump menilai jika WHO tidak transparan dengan wabah virus corona tersebut dan AS tahun kemarin pertama kalinya memberikan sumbangan terbesar untuk WHO yakni US$ 400 juta, dan Trump saat ini bertanya-tanya apa yang diperoleh dengan dana WHO yang sebesar itu.

    Dilansir AFP pada Rabu 15 April 2020 Donald Trump menyatakan prihatin secara mendalam dengan kemurahan hati Amerika yang telah menyumbangkan dana yang besar dan belum merasakan manfaatnya.

    Trump juga menyebut WHO pro terhadap China dan berkolusi untuk mencegah saingan ekonomi utama AS itu terbuka tentang bencana kesehatan yang sedang berlangsung, hal ini menyebabkan negara lain kehilangan waktu dan menunda keputusan menghentikan perjalanan internasional.

    Sebagai informasi, WHO telah menyatakan virus Corona sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional pada akhir Januari 2020 dan seminggu dari pernyataan tersebut, Yayasan Bill dan Melinda Gates menjanjikan hingga US$ 100 juta atau setara dengan Rp 1,6 triliun untuk membantu mengatasi wabah tersebut.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Donald Trump Sakit Hati Hentikan Dana untuk WHO Ditengah Pandemi Covid-19"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel