Cara Mensterilkan Masker Bedah Agar Bisa Dipakai Lagi, Hanya Butuh Rice Cooker!

Cara Mensterilkan Masker bedah Agar bisa Dipakai Lagi, Hanya Butuh Rice Cooker!

Anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terhadap pemakaian masker beda hanya sekali pakai, dan WHO menganjurkan ketika selesai di pakai masker harus langsung di buang di tempat sampah, jika perlu harus di robek lebih dahulu agar tidak digunakan lagi oleh orang lain.

Namun saat ini masker sangat sulit ditemukan, kelangkaan masker membuat harga di pasaran mulai melonjak tinggi, dan pemerintah Indonesia menganjurkan penggunaan masker hanya ketika diluar rumah saja.

Apakah ada acara agar masker sekali pakai bisa digunakan secara berulang kali dengan kondisi tetap bersih dan tetap baik? Administrasi Pangan dan Obat-obatan (FDA) Taiwan menjawab pertanyaan ini.

Pada 5 April 2020 lalu Dirijen FDA Taiwan, Wu Shou-mei dan Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung mendemonstrasikan dalam konferensi pers bahwa perlengkapan rumah tangga mampu memperpanjang usia masker bedah.

Disampaikan dalam AsiaOne caranya adalah dengan menggunakan alat penanak nasi atau disebut rice cooker, prinsip sederhananya masker bedah akan di uapi di dalam penanak nasi tersebut.

Prosesnya sangat mudah, yakni dengan hanya meletakkan masker bedah di dalam mangkuk rice cooker tanpa menambahkan air, tutup dan pencet tombol masak selama kurang lebih tiga menit.

Apabila ada pengaturan menanak nasi pada mesin rice cooker, anda hanya perlu mengatur alarm sampai dengan tiga menit dan pencet tombol masak.

Jika sudah selesai, tinggalkan masker di dalam penanak nasi selama kurang lebih lima menit agar panasnya benar-benar mensterilkan masker.

Cara ini hanya efektif digunakan untuk satu masker dalam satu waktu, jika ingin mensterilkan lebih dari satu masker bedah, makan anda perlu menunggu rice cooker dingin terlebih dahulu sebelum mengulangi proses pensterilan masker bedah.

Dalam penyampaian Chen setelah masker disterilkan di dalam rice cooker, terasa enak dan hangat dan tidak bau saat digunakan kembali.

Proses pensterilan masker bedah ini Wu melarang penambahan air ke dalam penanak nasi karena bisa merusak lapisannya, yang ia maksud penambahan air saat proses pensterilan masker dapat merusak bagian lapisan tengah dari masker bedah karena ada efek listrik statis, lapisan tengah tersebut berfungsi untuk menyaring gas dan cairan.

Wu juga menyampaikan bahwa menggosok alkohol untuk mensterilkan masker bukan cara yang tepat, karena akan memberikan efek listrik statis pada lapisan masker.

Penemuan FDA ini menyatakan masker hanya boleh disterilisasi dengan metode rice cooker sampai dengan 4-5 kali proses sterilisasi, setelahnya penyaringan bakteri tidak akan berfungsi 99 persen.

Penemuan ini mendukung penelitian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) yang mencatat bahwa virus flu dapat dibunuh dengan temperatur di atas 75 derajat celcius.

Sementara temperatur yang ada pada rice cooker saat melakukan proses menanak nasi adalah 100 derajat celcius, maka secara teori metode ini efektif untuk mensterilkan masker bedah.

Cara Mensterilkan Masker bedah Agar bisa Dipakai Lagi, Hanya Butuh Rice Cooker!

Singkatnya cara mensterilkan atau membersihkan masker bedah agar dapat digunakan kembali adalah sebagai berikut:

Perlengkapan membersihkan ulang masker bedah:
1. Siapkan rice cooker
2. Masker yang akan dibersihkan atau disterilkan kembali

Langkah membersihkan ulang masker bedah:
1. Letakkan masker kedalam mangkuk rice cooker
2. Tutup rice cooker, lalu nyalakan dalam mode “cook” tunggu sampai 3 menit
3. Setelah 3 menit matikan rice cooker, tunggu sampai 5 menit di dalam rice cooker
4. Masker siap digunakan kembali

Catatan:
1. Jangan menggunakan air atau alkohol atau apapun saat proses sterilisasi karena akan merusak lapisan masker
2. Cara ini hanya efektif untuk 4-5 kali proses pensterilan atau pembersihan berulang
3. Proses ini menggunakan mode “cook” bukan mode “warm”

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mensterilkan Masker Bedah Agar Bisa Dipakai Lagi, Hanya Butuh Rice Cooker!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel