7 Cara Cegah Wabah Virus Corona di Tempat Kerja Dari WHO

Virus Corona terbaru atau disebut dengan Covid-19 telah mewabah ke seluruh dunia dari sejak Akhir 2019, virus ini pertama kali ditemukan di Negara Tiongkok, sejak saat itu World Health Organization (WHO) menganggap wabah ini sebagai kasus kesehatan darurat internasional.

WHO juga telah merilis cara kerja virus ini, dan bagaimana cara kita untuk menghindarinya, berikut ini beberapa panduan untuk menghindari penyebaran virus corona (Covid-19) di tempat kerja.

1. Covid-19 Menyebar Melalui Cairan Tubuh

7 Cara Cegah Wabah Virus Corona di Tempat Kerja Dari WHO

Cairan tubuh manusia merupakan perantara yang bisa dimanfaatkan oleh Covid-19, cairan yang dimaksud adalah bisa berupa air liur atau bersin yang tersentuh oleh bagian luar tubuh dan melalui pernapasan, misalnya anda menyentuh air liur pasien penderita Covid-19 yang ada di meja, atau berinteraksi langsung dengan penderita Covid-19 terlalu dekat, sehingga saat penderita batuk atau flu kita menghirup udara tersebut.

2. Pastikan Ruang Kerja Selalu bersih

7 Cara Cegah Wabah Virus Corona di Tempat Kerja Dari WHO

Anda harus bisa memastikan jika tempat kerja anda atau lingkungan kerja anda bersih, selalu terjaga higienitasnya, hal ini dijelaskan oleh WHO sebagai cara ampuh untuk mencegah penularan Covid-19.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara membersihkan meja kerja atau tempat-tempat yang sering tersentuh dengan cairan disinfektan. Anda bisa mengingatkan setiap karyawan atau rekan kerja untuk selalu mencuci tangan menggunakan air yang mengalir dan sabun.

Untuk memberitahukan langkah ini kepada rekan kerja yang lain, anda bisa membuat poster yang menghimbau untuk selalu menjaga kebersihan, atau ditambah dengan cara lebih komunikatif, seperti mengajak petugas kesehatan dan keselamatan kerja untuk memberikan arahan pada setiap meeting atau berbagai kesempatan lainnya.

3. Selalu sediakan tisu dan masker

7 Cara Cegah Wabah Virus Corona di Tempat Kerja Dari WHO

Sangat penting untuk selalu menyediakan tisu dan masker di tempat kerja, jika terdapat salah seorang karyawan yang sedang sakit anda bisa memberikan tisu dan masker, di tempat kerja anda juga harus menyiapkan tempat sampah yang tertutup agar tidak ada virus yang berkeliling melalui udara di lingkungan kerja, hal ini tentu jaka akan menghambat penyebaran Covid-19.

4. Bangun Kesadaran Rekan Kerja akan virus Corona

7 Cara Cegah Wabah Virus Corona di Tempat Kerja Dari WHO

WHO juga menyampaikan satu hal penting yaitu tentang kesadaran dari seseorang tersebut terhadap virus mematikan ini, Selalu mengingatkan rekan kerja atau memasang poster tentang kebersihan pernapasan akan membantu memahami hal ini.

5. Saat kurang Enak badan sebaiknya istirahat

7 Cara Cegah Wabah Virus Corona di Tempat Kerja Dari WHO

Jika anda merasa tidak enak badan, atau melihat rekan kerja yang kurang sehat sebaiknya beristirahat di rumah, dan minum obat seperti obat Pereda demam dan batuk, saat tubuh tidak fit dan tetap memaksakan untuk bekerja di khawatirkan merupakan gejala infeksi Corona (Covid-19) dan bisa saja menularkan wabah ke rekan kerja yang lainnya.

6. Untuk Sementara Hindari bepergian jika tidak Mendesak

7 Cara Cegah Wabah Virus Corona di Tempat Kerja Dari WHO

Sebenarnya beberapa perusahaan telah memahami hal ini, WHO telah memberikan saran untuk tidak melakukan perjalanan, traveling, berwisata untuk sementara waktu termasuk bekerja, namun jika ini memang harus dilakukan pastikan orang tersebut dalam keadaan sehat dan sudah mengetahui risiko wilayah tujuan bepergian.

Saran dari WHO untuk orang yang baru saja bepergian dari tempat yang memiliki risiko penularan Covid-19 agar melakukan pemeriksaan diri selama 14 hari dan rutin melakukan cek suhu badan 2 kali sehari, jika orang tersebut mengalami demam ringan (suhu tubuh 37,3 derajat selsius atau lebih) atau batuk ringan sebaiknya melakukan isolasi mandiri dirumah.

Orang yang merasa sedang sakit agar tidak mendekati seseorang dengan jarak yang dekat (kurang dari 1 meter) termasuk keluarga, dan sesegera mungkin untuk menghubungi layanan kesehatan seperti puskesmas, atau rumah sakit setempat dan menjelaskan rincian perjalanan dan gejala yang dirasakan.

7. Jangan Mendiskriminasi Pasien Positif Covid-19

7 Cara Cegah Wabah Virus Corona di Tempat Kerja Dari WHO

Jika ditempat kerja ditemukan rekan kerja yang sedang sakit atau bahkan positif covid-19, sesegera mungkin untuk memisahkan rekan kerja tersebut dari yang lain di ruangan yang terisolasi dan menghubungi layanan kesehatan setempat, Jauhkan dari diskriminasi dan memberikan dukungan untuk melewati penyakit ini.

Yang terpenting dari cara menghindari Covid-19 ini adalah bagaimana kita untuk selalu menjaga kebersihan atau higienitas tubuh, cara mencegah corona tidak berbeda jauh dengan cara mencegah penyakit flu yang lain, jangan panic terhadap wabah virus corona (Covid-19) namun anda juga harus tetap waspada.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Cegah Wabah Virus Corona di Tempat Kerja Dari WHO"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel