Jokowi Tegaskan 3 juta Obat Corona Klorokuin adalah Produksi Negara Kita

Daftar Isi [Tutup]

    Sebelumnya presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menyatakan berdasarkan pengujian pada pasien positif covid-19 di AS, bahwa obat antimalaria (klorokuin) bisa digunakan sebagai obat untuk pasien yang terkena virus corona (Covid-19).

    Baca : Jutaan Obat Corona Dipesan Jokowi dari Luar Negeri

    Hingga saat ini di Indonesia beredar pendapat bahwa obat yang bernama Klorokuin mampu menyembuhkan corona, obat Klorokuin sendiri di Indonesia telah diproduksi secara massal oleh PT Kimia Farma.

    Jokowi Tegaskan 3 juta Obat Corona Klorokuin adalah Produksi Negara Kita

    Bahkan presiden Joko Widodo juga telah menegaskan jika Indonesia mampu memproduksi klorokuin sendiri.

    Keefektifan obat berjenis klorokuin ini telah banyak digunakan oleh negara lain yang telah berpengalaman menangani wabah virus corona dan hasilnya lebih cepat sembuh dan membaik kondisinya.

    Dalam kunjungannya di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta pada hari Senin 23 Maret 2020 Jokowi menegaskan bahwa klorokuin bukan obat impor dari luar negeri, namun di Indonesia sendiri sudah memproduksinya melalui PT Kimia Farma.

    Jumlah 3 juta obat klorokuin yang dimaksud sudah tersedia di Indonesia dan siap untuk disampaikan kepada pasien positif corona melalui dokter, rumah sakit, dan puskesmas.

    Jokowi juga menegaskan bahwa klorokuin bukan merupakan obat first line atau obat yang utama dalam penyembuhan pasien yang di konfirmasi positif terinfeksi corona (covid-19).

    Klorokuin ditegaskan sebagai obat second line yang digunakan pemerintah Indonesia untuk mengobati pasien corona, karena memang covid-19 ini belum ditemukan obatnya dan belum ada vaksin atau antivirusnya.

    Namun demikian, setiap orang tidak bisa serta merta bisa mendapatkannya, Karena obat klorokuin ini tidak dijual bebas dipasaran karena untuk membelinya harus menggunakan resep atau anjuran dokter, karena memiliki efek samping.

    Jika terdapat pasien yang dinyatakan positif terinfeksi corona, dan dokter di rumah sakit yang merawatnya merekomendasi klorokuin dan cocok, pasti akan diberi obat tersebut.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Jokowi Tegaskan 3 juta Obat Corona Klorokuin adalah Produksi Negara Kita"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel