Jokowi Resmi Putuskan UN 2020 Ditiadakan

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) memutuskan meniadakan Ujian Nasional atau UN 2020 pada Selasa 24 Maret 2020.

Salah satu yang menjadi pertimbangan Mendikbud adalah mengenai kesehatan bagi para siswa mengingat Indonesia sedang menekan penyebaran wabah Covid-19.

Jokowi Resmi Putuskan UN 2020 Ditiadakan

Namun, ujian sekolah harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan, siswa tetap diminta tidak dikumpulkan saat hendak ujian sekolah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan meniadakan Ujian Nasional (UN) Tahun 2020 dikarenakan sebagai bentuk antisipasi persebaran virus corona (Covid-19). Keputusan terkait pelaksanaan UN 2020 tersebut diambil dalam rapat terbatas.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman melalui keterangan tertulis UN sebelumnya sudah disepakati dihapus mulai tahun 2021, dan tahun 2020 UN diputuskan ditiadakan.

Fadjroel mengatakan pertimbangan keputusan meniadakan UN tahun 2020 merupakan sebagai respons dari menyebarnya wabah virus corona (covid-19), dalam hal ini pemerintah lebih mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Selain itu, Fadjroel juga mengatakan bahwa peniadaan UN tahun ini juga salah satu bentuk penerapan kebijakan social distancing atau yang saat ini disebut physical distancing untuk menekan penyebaran wabah virus corona (covid-19).

UN 2020 ditiadakan untuk tingkat SMA atau MA sederajat, SMP atau MTs sederajat, dan juga SD atau MI sederajat.

Rencana meniadakan UN 2020 sebelumnya juga telah disampaikan berkenaan dengan pandemi Covid-19 oleh Komisi X DPR bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Sementara itu, sebagai opsi untuk pengganti UN masih dikaji oleh DPR dan pemerintah, keputusan ini diambil karena wabah covid-19 diprediksi masih akan terus mewabah di Indonesia hingga April 2020 atau pada waktu pelaksanaan UN yang telah dijadwalkan.

Selain usulan dari beberapa pihak-pihak di atas, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) juga ikut mengusulkan kepada pemerintah supaya UN tahun ajaran 2019/2020 dibatalkan karena penyebaran wabah virus corona (Covid-19) saat ini sudah hampir ke seluruh provinsi Indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Jokowi Resmi Putuskan UN 2020 Ditiadakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel