Jokowi Diminta Faisal Basri Menunda Proyek Ibu Kota Baru Ditengah Pandemi Corona

Daftar Isi [Tutup]

    Faisal Basri seorang Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef), menganjurkan pemerintah untuk lebih memilih menunda proyek pembangunan Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur, hal ini terkait dengan pandemi virus corona (COVID-19) yang sedang berlangsung di tanah air.

    Faisal Basri justru meminta proyek ibu kota ditunda dengan jeda sekitar kurang lebih 5 tahun, karena ia khawatir adanya penurunan penerimaan pajak negara dari tahun 2019 yang hanya mencapai Rp 1.332,1 triliun.

    Jokowi Diminta Faisal Basri Menunda Proyek Ibu Kota Baru Ditengah Pandemi Corona

    Padahal Angka penerimaan pajak ini hanya mencapai sekitar 84,4 persen dari target yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019 dimana, APBN sebesar Rp1.577,6 triliun.

    Saat ini di Indonesia sedang terjadi bencana yang sangat membutuhkan dana bersifat darurat dalam menangani pandemi virus corona (COVID-19).

    Faisal menyarankan untuk memangkas dana perjalanan dinas presiden Joko Widodo sebanyak 50% dari total keseluruhan anggaran perjalanan dinas presiden yang mencapai Rp 43 triliun.

    Ia juga berpendapat jika yang diberikan kepada masyarakat tidak hanya dalam bentuk uang saja namun juga berbentuk perhatian pemerintah terhadap seluruh masyarakat Indonesia terutama pasien yang positif terinfeksi corona.

    Diberitakan bahwa sebelumnya, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, memastikan bahwa proses persiapan proyek pemindahan Ibu Kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur masih terus berjalan, meskipun di tengah mewabahnya virus corona di tengah masyarakat.

    Proyek pembangunan Ibu Kota baru pada saat ini memang pemerintah tengah melakukan komunikasi intens kepada berbagai calon investor.

    Meski demikian, banyak pilihan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) yang masih terus dipertimbangkan oleh pihak pemerintah, pada saatnya nanti akan segera ada keputusan bersama-sama antara jajaran pemerintah dengan DPR RI.

    Sumber : merdeka.com

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Jokowi Diminta Faisal Basri Menunda Proyek Ibu Kota Baru Ditengah Pandemi Corona"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel