Inilah Faktor Virus Corona Lebih Berisiko Menginfeksi

Daftar Isi [Tutup]

    Corona akhir-akhir ini ramai diperbincangkan dunia, di Indonesia sendiri telah banyak korban meninggal karena corona. Tidak hanya berjumlah satuan atau puluhan, korban yang terkonfirmasi terinfeksi corona sudah mencapai ratusan.

    Corona dinilai tidak lebih mematikan daripada virus corona pendahulunya yaitu SARS atau MERS, namun penyebaran virus corona (covid-19) ini sangat cepat, ini membuatnya berbahaya bagi keselamatan. Hal ini juga merupakan alasan utama penyebab mengapa virus corona terbaru ini lebih berisiko dalam menginfeksi seseorang.

    Inilah Faktor Virus Corona Lebih Berisiko Menginfeksi

    Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof. Amin Soebandrio, mengatakan jika semua orang mempunyai resiko terkena virus, namun ada tiga hal yang membuat sebuah virus semakin tinggi risikonya dalam menginfeksi seseorang dan menyebabkan penyakit.

    Tiga Faktor Infeksi Virus

    Amin Soebandrio mengatakan, yang pertama adalah dosis dari virus yang diterima. Apabila terdapat banyak virus telah masuk ke dalam tubuh seseorang, maka seseorang ini akan lebih berisiko terkena infeksi dari virus tersebut.

    Situasi yang seperti ini sangat rentan terjadi pada para tenaga medis yang bertugas yang menangani pasien secara langsung.

    Amin menjelaskan, seperti halnya dengan Dokter atau perawat yang ada di rumah sakit, pasti banyak dosis virus yang diterima, karena setiap hari mereka harus merawat banyak pasien.

    Faktor yang kedua adalah virulensi atau keganasan dari virus tersebut. Dalam kasus corona virus terbaru atau covid-19, Amin Soebandrio tidak menilai adanya perubahan secara signifikan dari virus corona sebelumnya terkait keganasan virus penyebab covid-19 tersebut.

    Sementara faktor yang ketiga adalah kekebalan tubuh dari manusia itu sendiri. Amin Soebandrio mengatakan, apabila daya tahan tubuh seseorang tersebut bagus, risiko terkena infeksi virus juga akan kecil.

    Oleh karena itu, Feni Fitriani, dokter spesialis paru mengatakan, demi mencegah dari terkena virus dan menjadi penyakit, imunitas atau daya tahan tubuh haruslah tetap dijaga.

    Artinya semua harus dilakukan secara seimbang mulai dari istirahat cukup, makan teratur, serta berolahraga secara rutin atau dengan kata lain menjaga kesehatan ini perlu dilakukan secara menyeluruh dan juga daya tahan tubuh kita harus diperbesar.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Inilah Faktor Virus Corona Lebih Berisiko Menginfeksi"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel