Hadist Nabi tentang Isolasi dan Lockdown dari Wabah Penyakit

Daftar Isi [Tutup]

    Hadist Nabi tentang Isolasi dan Lockdown dari Wabah Penyakit

    Wabah Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) telah menjadi momok yang menyerang di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia sebagai negeri dengan mayoritas masyarakatnya muslim.

    Dalam Hadist shahih, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda perintah-perintah atau sikap bijak yang dapat dijadikan pedoman untuk menghadapi wabah penyakit.

    Pada masa khalifah Umar bin Khattab pernah ada wabah, khalifah Umar bin Khattab pun menjalankan sabda Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam tersebut, Wilayah yang terkena wabah diisolasi atau lockdown.

    Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim.
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya: “Tha’un (wabah penyakit menular) adalah suatu peringatan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk menguji hamba-hamba-Nya dari kalangan manusia. Maka apabila kamu mendengar penyakit itu berjangkit di suatu negeri, janganlah kamu masuk ke negeri itu. Dan apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, jangan pula kamu lari daripadanya.” (HR Bukhari dan Muslim dari Usamah bin Zaid).

    Hadist tersebut Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam juga mengajarkan bahwa saat terjadi musibah wabah maka orang yang sakit dan sehat harus dipisahkan, ini untuk menekan terjadinya penyebaran wabah penyakit yang lebih luas.

    Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya: “Janganlah yang sakit dicampurbaurkan dengan yang sehat.” (HR Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

    Sumber : news.detik.com, republika.co.id

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Hadist Nabi tentang Isolasi dan Lockdown dari Wabah Penyakit"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel