Di Cina Muncul Virus lagi, Belum Selesai Corona Muncul Virus Hanta

Daftar Isi [Tutup]

    Virus Corona saat ini masih dalam perjuangan dalam pembasmiannya, tidak hanya Indonesia bahkan dunia sedang sibuk untuk menekan penyebaran wabah virus corona (Covid-19), di saat hangat-hangatnya virus corona kembali muncul berita yang meresahkan masyarakat perihal kemunculan wabah virus lain yang bernama Hantavirus.

    Virus ini berasal dari Tiongkok, trending twitter saat ini dipenuhi dengan #hantavirus yang sedang ramai dibicarakan netizen, kasus di Tiongkok ternyata sudah ada korban dari virus yang ditularkan oleh tikus tersebut.

    Di Cina Muncul Virus lagi, Belum Selesai Corona Muncul Virus Hanta

    Sebuah berita dari Global Times yang dikelola oleh pemerintah melalui akun twitternya pada hari Selasa 24 Maret 2020, mengabarkan bahwa seorang dari Provinsi Yunnan ditemukan telah meninggal ketika dalam perjalanan kembali untuk bekerja di persewaan bus ke Provinsi Shandong pada hari senin lalu.

    Berdasarkan surat kabar dari India Today Selasa 24 Maret 2020, Hantavirus bukanlah virus baru. Akan tetapi NCBI (Pusat Informasi Bioteknologi Nasional) Amerika Serikat menulis dalam sebuah jurnal jika saat ini genus hantavirus sudah mencangkup lebih dari 21 jenis.

    Hantavirus diperkirakan pertama ditemukan sekitar tahun 1978 diberi nama virus Hantaan, nama ini diambil dari nama sungai di Korea Selatan, awal mulanya berasal dari penelitian yang dimulai setelah perang Korea pada sekitar tahun 1951-1953 dimana ditemukan lebih dari 3 ribu kasus demam berdarah Korea dilaporkan di antara pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

    Tahun 1981 gen baru Hantavirus di perkenalkan dalam keluarga Bunyaviridae dan merupakan virus yang menyebabkan demam hemoragik dengan sindrom ginjal (HFRS).

    Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), ditulis di situs webnya Hantavirus adalah keluarga virus yang disebarkan oleh tikus dan menyebabkan sindrom penyakit pada orang.

    Pada mulanya Hantavirus disebut-sebut sebagai virus yang menyerang ginjal dan menyebabkan demam berdarah, dalam mutasinya seiring waktu berjalan virus ini menyerang paru0paru yang kemudian disebut istilah HPS.

    Saat ini penelitian berkembang Hantavirus bisa menular kepada manusia yang menghirup urin tikus yang sudah mengontaminasi udara sekitarnya, bahkan orang yang menyentuh urin atau kotoran tikus atau di gigit tikus bisa jadi tertular virus ini.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Di Cina Muncul Virus lagi, Belum Selesai Corona Muncul Virus Hanta "

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel