Daun Sirih Alternatif Cegah Corona, Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih

Daftar Isi [Tutup]

    Memang sudah dari sejak zaman dahulu khasiat daun sirih terbukti sangat banyak, salah satunya sebagai antimikroba.

    Masyarakat yang mengeluhkan dengan terbatasnya dan mahalnya Hand Sanitizer, kini bisa menggunakan alternatif daun sirih sebagai antiseptik alami untuk membunuh mikrobakteri jahat, termasuk virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19.

    Daun Sirih Alternatif Cegah Corona, Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih

    Hal ini dikatakan oleh Ketua HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia), Prof. Dr. Arif Sumantri, bahwa daun sirih bisa dimanfaatkan sebagai disinfektan alami.

    Tentunya penggunaan daun sirih sebagai desinfektan alami masyarakat perlu memperhatikan ukuran dosis dan konsentrasi secara tepat sehingga tidak menimbulkan resistensi.

    Dalam hal pembuatan desinfektan alami, masyarakat bisa berkonsultasi langsung dengan HAKLI untuk mengetahui cara membuat desinfektan alternatif untuk disinfeksi di lingkungan masyarakat.

    Arif juga mengatakan selain daun sirih, cairan karbol juga dapat digunakan juga sebagai alternatif desinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

    Cairan karbol sendiri merupakan salah satu desinfektan yang mempunyai kegunaan untuk pembersih lantai, dengan kondisi tertentu dan dicampur bahan tertentu cairan karbol yang semula merupakan pembersih lantai bisa digunakan untuk lap pada permukaan meja, kursi, gagang pintu dll.

    Cairan karbol yang sudah dicampur tersebut dapat digunakan untuk membersihkan permukaan benda dan untuk cairan semprotan. Namun demikian, penggunaannya harus secara hati-hati karena karbol memiliki kandungan bahan aktif hipoklorit.

    Cara melakukan treatment dengan menggunakan sprayer harus menggunakan masker agar tidak mengganggu saluran pernafasan.

    Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih

    Kepala Program Studi (Kaprodi) S-1 Farmasetika Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Strada Kediri Apt Fidi Setyawan SFarm MKes, lebih memberikan dorongan kepada masyarakat untuk memanfaatkan bahan alami yang tumbuh di sekitar. Salah satunya daun sirih, Cara membuatnya sebagai berikut ini:

    1. Siapkan 10-12 lembar daun sirih dicuci bersih.
    2. lalu tiriskan, dan dipotong-potong kasar.
    3. Rebus segelas air bersih (200 ml) dengan panci stainless steel.

    Proses merebus air ini tidak boleh menggunakan panci berbahan aluminium, karena menyebabkan oksidasi dan itu bisa menghilangkan kandungan antiseptiknya.
    (Bisa dengan panci berbahan stainless steel atau dengan panci tanah)

    4. Setelah mendidih, masukkan potongan daun sirih ke dalam panci dan kecilkan api sekitar 15 menit.
    5. Matikan api dan biarkan sampai dingin. Setelah dingin, air disaring dan dimasukkan ke dalam botol spray, siap untuk digunakan.

    Hand Sanitizer alami dari Daun Sirih ini bisa bertahan 2-3 hari, setelah itu jika masih sisa harus dibuang, dan membuat lagi.

    Fidi menambahkan, Namun yang tidak kalah penting dari pembuatan Hand Sanitizer alami adalah dengan selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

    Maka dari itu masyarakat juga harus meningkatkan imunitas tubuh, rajin berolahraga (dengan tetap menjaga kontak dengan orang lain), mengonsumsi vitamin, serta menjaga asupan gizi secara seimbang.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Daun Sirih Alternatif Cegah Corona, Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel