Cara Membuat Disinfektan Alternatif dari Cuka

Daftar Isi [Tutup]

    Ketua Hakli (Himpunan Ahli Kesehatan Seluruh Indonesia) Arif Sumantri menjelaskan sebuah alternatif disinfektan menggunakan cuka disaat wabah virus corona (covid-19) sedang massif.

    Disaat harga disinfektan yang mulai melonjak dan mulai langka, untuk meminimalisir penyebaran wabah corona (COVID-19) sebenarnya masyarakat bisa membuat cairan disinfektan sendiri.

    Cara Membuat Disinfektan Alternatif dari Cuka

    Sabtu 21 Maret 2020, Arif mengatakan saat konpers di Graha BNPB, Memang saat ini disinfektan sangat dibutuhkan, namun saat ini barang tersebut langka, kalaupun ada harganya sangat mahal, maka dari itu kita membutuhkan disinfektan alternatif.

    Untuk pembuatan disinfektan alternatif, masyarakat hanya perlu tiga jenis bahan yang diperlukan untuk membuat cairan pembunuh senyawa mikrobiologi tersebut.

    Bahan yang pertama Cuka asam, bahan pertama ini sering kita jumpai di dapur untuk memasak, biasa juga ditemui di bumbu pelengkap pempek.

    Bahan kedua setengah gelas air bersih, setengah gelas air bersih ini nantinya dicampur dengan setengah cangkir kecil cuka asam tadi.

    Setelah dicampurkan, kita bisa menambahkan minyak esensial sebagai aroma, bisa memilih aroma bunga-bungaan atau bisa juga aroma mint sebanyak 24 tetes kemudian dicampur lagi.

    Setelah itu, cairan disinfektan alternatif buatan sendiri ini siap untuk digunakan, dalam penggunaan cairan disinfektan ini biasanya dengan cara disemprotkan pada tempat-tempat yang sering di sentuh, atau sering dilalui orang.

    Namun, ketika sebelum disemprot dengan disinfektan sebaiknya dibersihkan dahulu agar tidak kotor dari debu, dan di lap dengan microfiber atau kain sedikit basah.

    Cara Membuat Disinfektan Alternatif dari Cuka

    Cairan disinfektan yang dibuat tadi bisa menjadi alternatif ditengah mahal dan langkanya disinfektan yang dijual di pasaran, jadi tidak ada halangan lagi bagi masyarakat untuk resah mencegah virus Corona (COVID-19).

    Kenapa cuka asam? Karena kandungannya terdapat senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme sehingga secara tidak langsung bisa menjadi salah satu alternatif pencegahan penyebaran wabah virus corona (COVID-19)

    Sumber : cnnindonesia.com

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Disinfektan Alternatif dari Cuka"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel