Bahaya! WHO Tak Sarankan Semprot Disinfektan Ke Tubuh Manusia

Upaya mencegah virus corona atau covid-19 terus digerakkan, banyak saat ini dijumpai bilik atau chamber disinfektan ketika masuk perkantoran atau perumahan, alat ini berfungsi menyemprotkan disinfektan langsung ke tubuh manusia. Apakah aman bila disinfektan disemprot langsung ke tubuh manusia?

WHO Indonesia menyampaikan dalam akun resminya bahwa penyemprotan disinfektan ke tubuh sebaiknya tidak dilakukan, karena bahan-bahan kimia disinfektan berbahaya jika terkena pakaian dan selaput lendir mata dan mulut.

Bahaya! WHO Tak Sarankan Semprot Disinfektan Ke Tubuh Manusia

Menurut WHO disinfektan boleh digunakan untuk permukaan benda mati, dan itu pun harus sesuai dengan petunjuk penggunaan karena kandungan bahan disinfektan seperti alkohol dan klorin berbahaya.

Belum ada data secara ilmiah yang menunjukan seberapa efektif bilik disinfektan dalam membunuh virus, hal ini ditegaskan oleh para pakar dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB).

Para pakar ITB merilis baru-baru ini jika Inhalasi gas klorin (Cl2) dan klorin dioksida (ClO2) dapat mengakibatkan iritasi parah pada saluran pernapasan.

Beberapa bahan kimia berikut ini sering dipakai sebagai bahan disinfektan dalam bilik-bilik penyemprotan antara lain:

1. Larutan hipoklorit: Berisiko memicu iritasi serta kerusakan pada kulit dan jika terus-menerus dalam jangka waktu lama, dan Inhalasi bisa memicu iritasi ringan pada pernapasan.
2. Electrolyzed Salt Water: berisiko dapat memicu iritasi.
3. Kloroksilenol (bahan aktif cairan antiseptik komersial): berisiko dapat memicu iritasi pada kulit dan mata, dan menyebabkan keracunan bila tertelan.
4. Hidrogen peroksida (H2O2): pada kadar tertentu berisiko memicu iritasi kulit.

Cara yang paling efektif saat ini untuk terhindar dari virus corona adalah dengan saling menjaga jarak (Physical distancing), seseringmungkin mencuci tangan dengan sabun selama 20-30 detik, karena sabun atau detergen dibuktikan secara ilmiah efektif merusak selubung virus corona.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Bahaya! WHO Tak Sarankan Semprot Disinfektan Ke Tubuh Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel