Apakah Covid-19 Menular Lewat Udara? Ini Penjelasan WHO

Daftar Isi [Tutup]

    Bisa dipastikan Hoax dan merupakan informasi yang tidak tepat jika covid-19 bisa menurlah dan bertahan di udara selama 8 jam, kerap kita di mendapatkan info tersebut via media sosial yang membuat kita semakin cemas.

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkonfirmasi melalui akun Instagram resminya @who jika informasi yang telah menyebar tersebut merupakan informasi palsu.

    Apakah Covid-19 Menular Lewat Udara? Ini Penjelasan WHO

    WHO juga memberi beberapa penjelasan bahwa jalur penyebaran utama dari Virus Corona covid-19 adalah melalui droplets (tetesan) yang disebarkan ketika seseorang batuk, bersin, maupun ketika bicara.

    Penularan melalui droplets ini hamper tidak mungkin untuk bertahan di udara, karena berat, droplets lebih cepat jatuh ke lantai maupun permukaan bawah.

    WHO menjelaskan jika seseorang bisa terinfeksi covid-19 ketika ia menghirup udara saat berada kurang dari 1 meter dengan orang yang dinyatakan positif covid-19 , atau jika seseorang menyentuh permukaan benda lalu menyentuh bagian wajah seperti mata, hidung, atau mulut tanpa mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu.

    Saran yang diberikan oleh WHO untuk mencegah covid-19 adalah sering mencuci tangan menggunakan sabun dan hindari untuk menyentuh bagian wajah, tetap melakukan physical distancing, atau menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain atau dengan permukaan yang sering disentuh banyak orang.

    Beberapa Leasing tidak berikan Keringanan di Tengah Wabah Corona covid-19
    Sebagian besar leasing belum memberikan keringanan penangguhan kredit kendaraan bermotor bagi pengemudi transportasi online di tengah mewabahnya covid-19.

    Ketua Presidium Nasional Garda Indonesia, Igun Wicaksono, mengaku belum memberlakukan penangguhan karena belum mendapatkan surat resmi dari pemerintah terkait penangguhan atau keringanan membayar cicilan.

    Justru di tengah mewabahnya covid-19, perusahaan pembiayaan justru mengirimkan surat kepada kreditur perihal penagihan yang tetap dilakukan seperti biasa.

    Hal ini berbanding terbalik dengan kebijakan pemerintah untuk meminta perusahaan pembiayaan memberikan keringanan atau penangguhan cicilan kepada pengemudi transportasi online sebagai kompensasi dari wabah covid-19.

    Leasing Surati OJK dan Kemenkeu
    Igun mengatakan rata-rata cicilan pengemudi ojek online berkisar antara Rp 1 juta – Rp 2 juta setiap bulan, dan ini terjadi hampir semua pengemudi online yang tergabung di Garda Indonesia.

    Rencana dari pihak Igun akan mengirimkan surat kepada Kementerian Keuangan dan OJK, agar bisa memberikan keringanan kepada para pengemudi transportasi online ia ingin pemerintah mengeluarkan aturan yang tertulis yang bisa dipatuhi oleh perusahaan pembiayaan.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Apakah Covid-19 Menular Lewat Udara? Ini Penjelasan WHO"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel