Rencana Yamaha dalam MotoGP: “Mission One”

Daftar Isi [Tutup]

    Rencana Yamaha dalam MotoGP: “Mission One” - Dengan empat pengumuman dalam tiga hari, Yamaha sekali lagi berniat mempertajam taringnya untuk ajang lomba balap motor paling bergengsi ini. Dengan memasang dua pembalap baru, yakni Maverick Vilanes dan Fabio Quartararo untuk mengalahkan dominasi sang juara bertahan Marc Marquez.

    Selain itu, Yamaha juga membuka pintunya untuk Valentino Rossi serta pemegang tiga juara premier class Jorge Lorenzo. Berikut merupakan beberapa langkah yang dilakukan oleh Yamaha dalam awal tahun 2020 ini.

    Rencana Yamaha dalam MotoGP: “Mission One”

    Perpanjangan Kontrak Meverick Vinales
    Pada 28 Januari, Yamaha mengumumkan Vinales sebagai salah satu dari pembalap Yamaha yang akan berkendara pada balapan sebagai salah satu rencana Yamaha dalam MotoGP tahun 2021 dan 2022. Lin Jarvis, selaku direktur pengembangan Yamaha Motor Racing mengungkapkan bahwa mereka merekrut Vinales ke dalam jajaran tim perusahaan Yamaha pada tahun 2017 karena talentanya yang menarik.

    Ia menambahkan, Vinales telah memberikan enam kemenangan, naik 19 podium dan komitmennya seratus persen pada Yamaha, ketika menjalani tiga musim pertamanya dengan pabrikan tersebut. Sekarang ketika YZR-M1 makin berkembang dalam tiap balapan, Yamaha memprediksi masa depan yang cerah padanya.

    Vinales menjawab kesempatan itu dengan bersemangat, ia mengungkapkan betapa senang hatinya ketika tetap bisa mempertahankan timnya sendiri. Ini merupakan tahun keduanya dengan tim tersebut, dan ia berharap tahun depan sama lancarnya. Yamaha memberikan perasaan bagaikan keluarga sendiri padanya.

    Memasang Fabio Quartartaro sebagai Pembalap Andalan
    Hari berikutnya, Yamaha mengumukan Fabio sebagai pembalap andalan dalam line-up rencana Yamaha dalam MotoGP untuk tahun 2021 dan 2022. Dengan langkah ini, Yamaha mengorbitkan Fabio pada sirkuit balap, sebagai langkah kedua menghentikan determinasi Marquez dari Honda yang terus menjuarai laga sejak tahun 2016.

    Yamaha belum berani melepas Fabio yang dalam debutnya dengan tim balap Petronas Yamaha Sepang, dengan mengendarai mesin satu tahun sebelumnya, mencetak 6 skor, naik 7 podium dan hampir meraih kemenangan di Misano dan Thailand.

    Minggu depan, Yamaha akan memulai tes musim dingin pertama sebagai persiapan untuk lomba balap tahun 2020 secara penuh dengan lining-up Rossi, Vinales dan Franco Morbidelli serta Fabio Quartartaro.

    Yamaha dan Valentino Rossi
    Ketika Ducati mulai melirik Vinales dan Quartartaro, Jarvis dan tim Yamaha lainnya tak sabar menunggu Rossi untuk memutuskan apakah ia akan melanjutkan karir balapnya setelah musim 2020 berakhir. Di waktu yang bersamaan, mereka tak bisa begitu saja melupakan sang juara dunia sembilan kali memulai karir ke-15 tahunnya di perusahaan dari Iwata tersebut.

    Yamaha dan Rossi akhirnya sepakat untuk memutuskan hal tersebut pada pertengahan musim. Untuk memfasilitasi Rossi jika benar akan melanjutkan karir balapnya sebagai pembalap dalam rencana Yamaha dalam MotoGP pada tahun 2021, Yamaha menjanjikan M1 dengan speksifikasi tinggi dan penuh dengan mesin pendukung.

    Jika Rossi berniat untuk melanjutkan karirnya, dia tidak akan masuk dalam jajaran tim perusahaan, sesuatu yang belum pernah ia alami semenjak tahun 2000, tahun pertamanya berlaga dalam kelas premier. Kilas balik, saat itu Rossi mengendarai Honda NSR500 di tim independen, dengan Jeremy Burgess sebagai pemimpin tim kru mesin.

    Selain tiga rencana tersebut, Yamaha juga menggandeng Lorenzo sebagai test-rider untuk tahun 2020 ini. Hal tersebut bertujuan agar ia mampu menjembatani para pembalap dan teknisi dengan pengalaman yang telah Lorenzon miliki sebelumnya.

    Itulah beberapa rencana Yamaha dalam MotoGP yang akan dilakukan ke depannya sebagai sebuah srategi perusahaan untuk kembali menjadi juara bertahan dalam dunia balap, yang selama 6 tahun terakhir dikuasai oleh Marquez.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    Belum ada Komentar untuk "Rencana Yamaha dalam MotoGP: “Mission One”"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel